Saatnya Guru Menulis

Tak bisa dipungkiri perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat mempengaruhi proses belajar dan mengajar saat ini. Coba kita ingat-ingat pada saat kita sekolah di tahun 1980-an samapai dengan 1990-an. Proses belajar mengajar di kelas bisa dikatakan delapan puluh persen yang aktif adalah guru. Guru banyak menerapkan cara menyampaikan materi pelajaran dengan metode ceramah. Hal ini tak lepas dari sistem yang ada saat itu serta sarana dan prasarana yang belum mencukupi.

Hal berbeda terjadi sejak awal tahun dua ribuan, pola belajar mengajar mulai berubah, guru tidak lagi menjadi titik sentral dalam kegiatan belajar mengajar. Metode dan model pembelajaran sudah diperbaharui. Siswa dituntut lebih aktif, sarana dan prasarana mulai memadai.

Tak pelak lagi di "zaman now" (istilah anak sekarang), cara belajar anak-anak didik kita semakin berbeda, dengan bantuan peralatan teknologi yang canggih dan mempuni, anak-anak bisa belajar dari mana saja dan dimana saja. Lalu bagaimana dengan guru ?

Mencermati keadaan ini, kita sebagai guru tidak boleh berpangku tangan saja, kita harus tetap membuka diri menyesuaikan dengan keadaan. Kita para guru dituntut untuk bisa menguasai teknologi informasi dan komunikasi terutama yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Anak-anak didik kita bisa mendapatkan pelajaran dengan menggunakan perangkat teknologi informasi tanpa harus bertanya dan belajar dengan guru. 

Agar proses belajar dan mengajar tetap berada dijalur yang benar dan anak-anak didik kita tidak salah dalam mendapatkan informasi pelajaran, kita bisa bertindak sebagai fasilisator. Guru bisa menyediakan bahan pelajaran untuk anak didik yang ditulis dan diletakkan di internet. Bagaimana caranya ? Guru harus menulis ....!! Apa yang harus ditulis ?


Caranya yang paling mudah adalah guru bisa menulis bahan pelajaran di blog. Apa blog ? 
Blog adalah singkatan dari webblog yaitu sebuah media publikasi yang berisi tulisan-tulisan (biasa disebut posting) yang bisa diaskses oleh semua pengguna internet.

Semua materi bisa ditulis sesuai dengan urutannya menyesuaikan dengan materi yang biasa kita sampaikan kepada peserta didik di kelas. Tulisan dibuat dengan cermat disertai contoh dan sumbernya. 


Lalu dimana membuat blog ? bagaimana caranya ?
Sebenarnya hal ini tidak menjadi pertanyaan lagi di zaman serba canggih dan mudah saat ini. Kita bisa mendapatkan informasi ini di internet dengan mudah. Sebagian besar dari kita para guru sudah memiliki dan menggunakan telepon pintar dan tentu saja dilengkapi fasilitas dan kuota internet. Silahkan menjelajah saja.............

Selamat mencoba dan selamat menulis.......!! Terus maju guru Indonesia..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Saatnya Guru Menulis"

Posting Komentar