BIMBINGAN TEKNIS PEMANFAATAN MEDIA TIK DALAM PEMBELAJARAN DARI RUMAH SECARA DARING DI SMPN 1 GELUMBANG 23-26 JUNI 2020

Pada hari ini Selasa 23 Juni 2020 sampai 26 Juni 2020 berlangsung kegiatan Bimtek Pemanfaatan Media TIK Dalam Pembelajaran Dari Rumah Secara Daring di SMPN 1 Gelumbang. Kegiatan ini merupakan langkah yang sangat cepat diambil oleh Pihak Sekolah, sebagai Tindak Lanjut Kegiatan Bimtek TIK di LPMP Sumatera Selatan Tanggal 15-18 Juni 2020 yang lalu.

Mengusung Tema " Mempertajam Kemampuan SDM SMPN 1 Gelumbang ", kegiatan Bimtek ini hendaknya dapat memberikan manfaat  bagi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan, sehingga mulai Tahun Pelajaran 2020/2021 ini, dikarenakan kemungkinan masih PDR (Pembelajaran Dari Rumah), maka diharapkan Guru di SMPN 1 Gelumbang, dapat membuat Absensi Daring, Penyampaian Materi Daring dan Penilaian secara Daring. Tetapi tetap tidak mengenyampingkan kondisi Peserta Didik. 
Adapun Materi kegiatan Bimtek meliputi :
1. Pengenalan  RPP pada masa Pembelajaran Dari Rumah
2. Pendalaman dan Praktik Pemanfaatan Laman Rumah Belajar
3. Pendalaman dan Praktik pemanfaat Aplikasi Google Classroom
4. Pendalaman dan Praktik Google Form untuk Penilaian dan Absensi Online
5. Pengenalan Soal Berbentuk Chat, yang berbasis Google Formulir



Sebagai Narasumber pada kegiatan ini dari pihak intern SMPN 1 Gelumbang, yaitu  Abdurrahman S., S.Ag., M.Si (IN Kepala Sekolah) dan  Endang Marto Fanie, ST. (IK Prakarya).  Kegiatan Bimtek sendiri dilakukan dengan 2 pola, yaitu langsung dan Daring. 
Setelah penyampaian meteri dan penjelasannya pada hari ini, maka mulai tanggal 24-26 Juni 2020, semua paserta menyelesaikan Tugasnya secara Daring, dan dimonitor oleh Narasumber, melalui komunikasi  Group WA (khusus Peserta) dan Google Classroom Bimtek 2020.

Sebelum kegiatan ini dilaksanakan, pada hari Kamis, 18 Juni 2020, Kepala SMPN 1 Gelumbang, Abdurrahman S., S.Ag., M.Si., telah menyampaikan Proposal Kegiatan ini ke Pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Muara Enim, yang diterima langsung oleh Bapak Irawan Supmidi, S.Pd., S.Mn, MM., selaku Kepala Dinas. Beliau menyambut baik rencana kegiatan ini, dan memberikan Apresiasi kepada semua Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMPN 1 Gelumbang.




Oleh : Endang Marto Fanie
#banggamenjadiguru#

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "BIMBINGAN TEKNIS PEMANFAATAN MEDIA TIK DALAM PEMBELAJARAN DARI RUMAH SECARA DARING DI SMPN 1 GELUMBANG 23-26 JUNI 2020"

Posting Komentar