PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK CLASS MEETING ONLINE DI SMPN 1 GELUMBANG 2019/2020

" Mulailah dari hal yang kecil untuk merubah hal yang besar "

Ungkapan inilah yang menjadi pemicu SMPN 1 Gelumbang dalam masa Pandemi Covid 19 ini. Dalam kondisi yang kurang bersahabat untuk Proses pembelajaran secara normal, secara bertahap SMPN 1 Gelumbang berani berbuat untuk menghasilkan suatu perubahan.

Pada pelaksanaan Ujian Sekolah untuk Peserta Didik Tahun Pelajaran 2019/2020 yang lalu, dengan keterbatasan pengetahuan, Tim Kurikulum SMPN 1 Gelumbang berhasil melaksanakan Ujian Sekolah Secara Daring (online) dengan menggunakan Aplikasi Google Formulir, yang di mulai Tanggal 06 April - 13 April 2020 yang lalu. Pada Ujian Utama sebanyak 224 Peserta Didik ujian dan sebanyak 10 orang mengikuti Ujian Susulan.

Dari keberhasilan tersebut, dan sesuai dengan petunjuk dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim, maka pada kegaiatan Penilaian Akhir Tahun 2019/2020, SMPN 1 Gelumbang kembali mengadakannya secara Daring (Online), yang dimulai sejak tanggal 03 Juni - 12 Juni 2020.

Keberhasilan pelaksanaan Ujian Sekolah Online dan PAT Online ini, tidak akan berhasil jika tanpa dukungan dari beberapa pihak, diantara :
1. Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Muara Enim.
2. Orangtua peserya didik
3. Semua Tenaga Pendidik dan Kependidikan SMPN 1 Gelumbang.
Untuk itu, atas semua kerjasama dan dukungannya diucapkan terimkasih.


Kemudian berbekal keberhasilan kedua kegiatan tersebut dan  untuk mengisi waktu sampai kegiatan pembagian Raport, peserta didik SMPN 1 Gelumbang tetap melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Untuk mengisi kekosongan dan membuang kejenuhan, untuk Peserta Didik Kelas 7 dan 8 diadakan kegiatan Class Meeting Online, berupa Cepat Tepat Online dengan menggunakan Aplikasi Quizizz. Aplikasi Quizizz, dipilih, dikarenakan Peserta Didik SMPN 1 Gelumbang sudah sangat familier, dikarenakan sejak Pembelajaran dari Rumah, beberapa Guru sudah menggunakan Aplikasi ini, untuk Proses Penilaian, selain Google Classroom, Google Form dan aplikasi lainnya.



Oleh : Endang Marto Fanie
#bangga menjadi guru#

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK CLASS MEETING ONLINE DI SMPN 1 GELUMBANG 2019/2020"