SMPN 1 GELUMBANG SEKOLAH MODEL IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMIN MUTU INTERNAL (SPMI) TINGKAT SMP DI KABUPATEN MUARA ENIM TAHUN 2017





SMPN 1 GELUMBANG
SEKOLAH MODEL IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMIN MUTU INTERNAL (SPMI)
TINGKAT SMP DI KABUPATEN MUARA ENIM
TAHUN 2017



A. Sekilas SMPN 1 Gelumbang



SMPN 1 Gelumbang berdiri tahun 1978 dan mulai beroperasi pada tahun 1979. Dalam usia yang sudah cukup tua ini banyak prestasi yang sudah dicapai sekolah ini.
Sejak Bulan Maret 2016 dibawah kepemimpinan Bpk. Abdurrahman S., S.Ag., M.Si., banyak perubahan yang sudah dilakukan, mulai dari fisik sampai ke prestasi. Hal ini seiring dengan bisikan Kepala Sekolah sebelumnya, yaitu Bpk. Nazirin, S.Pd., M.Si. Beliau berpesan , “ Dindo, kembangkan dan tingkatkan potensi dan sumber daya yang ada di SMPN 1 Gelumbang agar menjadi lebih baik”. Itulah sepotong kalimat yang menjadi penyemangat Bpk. Abdurrahman S., S.Ag., dalam melangkah dan memimpin di SMPN 1 Gelumbang, sebuah estapet kepemimpinan yang layak menjadi contoh. Keakraban antara pejabat lama dan pejabat penggantinya.

Selanjutnya perkembangan dari bidang sarana dan prasarana, pada tahun 2016 yang lalu SMPN 1 Gelumbang mendapat bantuah pemerintah, berupa rehabilitasi 3 ruang kelas. Ruang kelas yang semua sudah direhab tersebut, setelah mendapat persetujuan Kabid Dikdas Dikbud Muara Enim yang pada waktu itu dijabat oleh Bpk. Izroni Ilyas, S.Pd., MM., dijadikan ruang guru. Dengan kondisi ruang guru yang begitu nyaman tentu akan membuat persiapan guru untuk memberikan materi pembelajaran semakin baik. Ruang guru tersebut saat ini dilengkapi dengan 2 uint AC dan beberapa kipas angin. 
Sedangkan untuk ruang tata usaha, dilakukan pembenahan berupa pemasangan lantai keramik, sehingga ruang tata usaha semakin rapi dan nyaman. Kemudian untuk selasar penghubung antar ruang, yang semula hanya ubin abu-abu, dengan semangat gotong royong dari semua warga sekolah, berhasil melaksanakan pemasangan keramik, yang diistilahkan dengan program kramiknisasi, yang penggalangan dananya dari warga sekolah, yang dihimpun setiap hari Jumat.

Pada bidang Kurikulum, saat ini SMPN 1 Gelumbang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk kelas 8 dan 9, serta Kurikulum 2013 untuk kelas 7. Sebagai salah satu induk cluster pengembangan Kurikulum 2013, di SMPN 1 Gelumbang, pada bulan September – Nopember 2016 yang lalu melaksanakan Pendampingan Kurikulum 2013 kepada Guru Sasaran dari Sekolah induk cluster dan sekolah imbas, berupa kegiatan in service sebanyak 3 kali dan on service sebanyak 2 kali pada 3 sekolah.

Selain hal tersebut, prestasi dibidang Akademik dalam 2 tahun terakhir sebagai terbaik pertama UN tingkat Kabupaten dan terbaik 4 tingkat Provinsi. Untuk mempertahankan hal tersebut, pada tanggal 06 – 09 Maret 2017, bersamaan dengan Mid Semester Genap, untuk peserta didik kelas 9 dilaksanakan Try Out Pertama Mata Pelajaran UN, yang bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Primagama Prabumulih. Dari hasil tersebut, terbaik Pertama diraih oleh Muhammad Nabil Akram dari kelas 9.2 dengan nilai rata-rata 8,00, terbaik kedua Galuh Dian Sagita dari kelas 9.6 dengan nilai rata-rata 7,80 dan terbaik ketiga Reza Mahendra dari kelas 9.2 dengan nilai rata-rata 7,60. Untuk mengapresiasi dan motivasi kepada mereka dan peserta didik lainnya, kepala SMPN 1 Gelumbang dan Primagama memberikan Piagam Penghargaan, serta hadiah berupa Pakaian seragam SMA, yang dilaksanakan pada upacara bendera Senin, 20 Maret 2017.

Pada bidang lingkungan, tepatnya tanggal 12 Juli 2016 SMPN 1 Gelumbang, ditetapkan menjadi Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Penyerahan piagam berlangsung di Lapangan Prabujaya Kota Prabumulih. Pretasi ini tentu tak lepas dari bimbingan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Muara Enim dan BLH Kab. Muara Enim. Prestasi ini juga sebagai hasil yang sudah dirintis oleh kepala SMPN 1 Gelumbang sebelumnya, yaitu Bpk. Nazirin, S.Pd., M.Si., yang saat menjabat menempatkan SMPN 1 Gelumbang sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Muara Enim.

Pada bidang Seni dan Olahraga, Tim Drumbdand SMPN 1 Gelumbang yang berdiri pada Bulan Februari 2016, telah meraih Prestasi yang membanggakan, yaitu Meraih Juara 2 Pada kejuaraan tingkat Provinsi, dalam rangka HUT SMAN 2 Prabumulih tahun 2016, Juara 1 tingkat Kabupaten dalam rangka Gebyar SMAN 1 Gelumbang, tahun 2016 dan Juara 2 tingkat Provinsi,pada kejuraaan di SMAN 1 Indralaya Ogan Ilir. Hal ini tentu berkat dukungan pihak sekolah dan donatur dari orangtua peserta didik, Bpk. Yudhi Kurniawan, seorang pengusaha mudah kelurahan Gelumbang. Beliau selalu membantu ketika tim ini akan mengikuti kejuaraan, mulai dari pakaian, dan juga penambahan alat lainnya.

Untuk bidang olahraga lainnya, untuk individu peserta didik SMPN 1 Gelumbang M. Aulia Tahula, saat ini sedang menjalani Pembinaan dan Latihan program PPLP Dinas Pemuda dan Olahraga di Wisa Atlit Jakabaring Palembang. Beliau merupakan atlit periah Medali Perunggu pada Kejurnas Karate tahun 2016, di Gorontalo, dan sekarang sedang dipersiapkan untuk mengikuti Asian Games Tahun 2018 di Sumsel.

Sebagai salahsatu sekolah yang sudah cukup tua, pada pertengahan Februari 2017 yang lalu, kedatangan Tim dari LPMP Sumsel untuk memonitor kesiapan SMPN 1 Gelumbang untuk dijadikan Sekolah Model. Hasilnya, pada tanggal 06 – 08 Maret 2017, Kepala SMPN 1 Gelumbang, Bpk. Abdurrahman S., S.Pd. M.Si. mengikuti Worshop Sekolah Model Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Selanjutnya program ini akan dilaksanakan mulai Bulan April sampai Desember 2017, mulai dari tahap Sosialisasi sampai pada tahap Pelaporan.


B.    Biodata Kepala Sekolah :


1.    Nama                                      : Abdurrahman S., S.Ag., M.Si.
2.    Tempat / Tanggal Lahir           : Pamekasan, 12 Februari 1973
3.    Pengalaman Tugas sebagai Kepala Sekolah :
a.    Kepala SMPN 2 Lubai Ulu ( 2010 – 2016)
b.    Kepala SMPN 1 Gelumbang ( Maret 2016 s/d Sekarang)
4.    Data Keluarga :
a.    Isteri                                  : Nur Irma Wiyanti, S.Ag.
Pekerjaan                          : PNS (Guru SMPN 1 Rambang Dangku)
b.    Anak                                  : 1. Ghita Nuril Alfi Roziqoh (SMAN 1 Prabumulih)
                                      2. Rafael Ahmad Sulthon Roziq (SDN 19 Prabumulih)
       5. Pendidikan :
- SDN Bicorong 1 Pamekasan (lulus tahun 1985)
- MTs Negeri Sumber Bungur Pakong Pamekasan (lulus tahun 1988)
- MA Negeri 1 Pamekasan (lulus tahun 1991)
- S1 STIT Al Khairat Pamekasan (lulus tahun 1996)
- S2 MAP Universitas Satyakirti Palembang (lulus tahun 2012)

           
C.   Visi dan Misi Sekolah

Visi Sekolah : “ Berakhlakul Karimah, Berprestasi dan Berwawasan Lingkungan “
Misi Sekolah :
1.    Menanamkan pendidikan dasar agama Islam dan Budi Pekerti yang yakin dan mantap.
2.    Mempraktikkan pelaksanaan Keagamaan, melalui kegiatan Sholat Dzuhur Berjemaah, Pembacaan Surat Yasin bersama setiap hari Sabtu dan Pembacaan Doa bersama diawal  pelajaran.
3.    Membiasakan berperilaku yang baik dan berakhlaq mulia.
4.    Meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).
5.    Mengembangkan kemampuan berpikir logis, kritis dan kreatif.
6.    Menumbuhkan sikap toleran, tanggung jawab, kemandirian dan kecakapan emosional.
7.    Membentuk rasa cinta kepada bangsa dan tanah air Indonesia.

    D. DAFTAR PRESTASI

No
Nama Prestasi
Tingkat
Keterangan
Tahun
1
Terbaik Pertama Rata-rata UN
Kabupaten

2014 / 2015
2
Terbaik Keempat Rata-rata UN
Provinsi

2014 / 2015
3
Terbaik Pertama Rata-rata UN
Kabupaten

2015 / 2016
4
Terbaik Keempat Rata-rata UN
Provinsi

2015 / 2016
5
Adiwiyata
Kabupaten

2015
6
Adiwiyata
Provinsi

2016
7
Juara Nasional Karate
Nasional
Juara Ketiga
2016
8
Kejuaraan Drumband SMAN 2 Prabumulih
Provinsi
Juara Kedua
2016
9
Kejuaraan Drumband SMAN 1 Gelumbang
Provinsi
Juara Pertama
2016
10
Kejuaraan Drumband SMAN 1 Indralaya Ogan Ilir
Provinsi
Juara Kedua
2016
11
Juara 1 Tari FSLN
Kabupaten
Juara Pertama
2016
12
Juara Umum Pramuka HUT  Boden Powell di SMAN 2 Parbumulih
Provinsi
Juara Umum
2016
13
Juara Umum SMAN 1 Gelumbang
Provinsi
Juara Pertama
2016
14
Juara Futsal di SMA PGRI Gelumbang
Kabupaten
Juara Kedua
2016
15
Juara Futsal di SMAN 1 Kelekar
Kabupaten
Juara Kedua
2016
16
Juara I P3K Putra pada Kejuaraan Pramuka di Universitas Islam Negeri 2017
Provinsi
Juara Pertama
2017
17
Juara III P3K Putr1 pada Kejuaraan Pramuka di Universitas Islam Negeri 2017
Provinsi
Juara Ketiga
2017
18
Juara III LKBB Putri pada Kejuaraan Pramuka di Universitas Islam Negeri 2017
Provinsi
Juara Ketiga
2017

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "SMPN 1 GELUMBANG SEKOLAH MODEL IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMIN MUTU INTERNAL (SPMI) TINGKAT SMP DI KABUPATEN MUARA ENIM TAHUN 2017"