Aplikasi Ujian Berbasis Komputer (UBK) di SMP Lematang Lestari

Assalamualaikum wr wb rekan-rekan semua....
Apa kabarnya ? semoga tetap sehat dan berbahagia selalu....

Tak bisa dipungkiri saat ini penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan kegiatan belajar dan mengajar semakin banyak digunakan tidak terkecuali proses ujian atau ulangan.

Hal ini bisa kita alami dalam penyelengggaraan ujian nasional yang sudah dilaksanakan dengan berbasis komputer yang dalam beberapa tahun terakhir semakin banyak dilaksanakan oleh sekolah-sekolah di Indonesia mulai dari jenjang SMP, SMA dan SMK.

Mengikuti perkembangan terserbut, banyak juga pihak sekolah yang sudah menyelenggarakan kegiatan evaluasi mulai dari ulangan harian, ujian tengah semester, maupun ujian semester yang mengggunakan sistem komputerisasi. Hal ini tentu saja memerlukan sebuah aplikasi atau perangkat lunak untuk penyelenggaraannya.

Banyak sekolah yang menyelenggarakan ujian berbasis komputer tersebut yang menggunakan berbagai aplikasi bisa dengan aplikasi yang dirancang dan dibuat sendiri oleh guru, dengan membeli dari para penyedia aplikasi atau menggunakan aplikasi yang banyak dibagikan secara gratis di media online oleh para pengembang yang berbaik hati guna kemajuan pendidikan di Indonesia.

SMP Lematang Lestari sudah menyelenggarakan ujian berbasis komputer ini sejak 2 tahun terakhir, mulai dari ulangan harian, ujian semester hingga ujian semester. Penggunaan ujian berbasis komputer ini wajib bagi peserta didik kelas IX dan untuk mata pelajaran yang masuk ke ujian nasional. Untuk kelas VII dan VIII diserahkan kepada guru mata pelajaran masing-masing, mengingat jumlah ruang dan perangkat komputer yang masih terbatas.

Untuk aplikasi yang digunakan, SMP Lematang Lestari memiliki 4 aplikasi. Aplikasi pertama adalah aplikasi TOOS yang dibeli dari pengembang layanan ini. Aplikasi yang kedua adalah aplikasi CBT (Computer Base Test) yang didapat secara gratis dan sedikit dikembangkan sesuai dengan kebutuhan yang ada di SMP Lematang Lestari. Aplikasi yang ketiga adalah Beesmart yang juga didapatkan dari pengembang secara gratis. Dan yang terakhir adalah aplikasi buatan sendiri yang menggunakan LMS (Learning Management System)  Moodle. Khusus untuk yang terakhir (Moodle) tidak hanya dapat digunakan untuk ujian berbasis koomputer tetapi dapat juga digunakan sebagai sistem pemebelajaran yang terintegrasi untuk setiap kegiatan belajar mengajar mulai dari penyampaian materi ajar oleh guru, kegiatan belajar oleh peserta didik, pengiriman tugas dan pekerjaan rumah, dan lain-lain yang dapat dilakukan secara online (pembelajaran jarak jauh)

Aplikasi-aplikasi yang digunakan tersebut dapat dipilih dengan menyesuaikan kondisi perangkat keras pendukung dan kemudahan penggunaan (user friendly). Semakin ringan dan semakin mudah penggunaan akan semakin baik. 

Selamat mencoba. Jika ada rekan-rekan yang ingin bertukar informasi dan pengalaman dalam penggunaan aplikasi atau butuh bantuan silahkan kontak kami. !

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Aplikasi Ujian Berbasis Komputer (UBK) di SMP Lematang Lestari"

Posting Komentar