Pentingnya Website Sekolah

Di era digital seperti saat ini, semua lembaga formal ataupun nonformal berlomba-lomba untuk menyampaikan semua berita, kegiatan serta hal-hal yang dianggap penting untuk diketahui khalayak ramai. Banyak cara yang digunakan mulai dari media cetak, media elektronik dan digital.

Simak saja yang kita lakukan bila kita membutuhkan sebuah informasi, langkah pertama yang kita lakukan adalah menggunakan mesin pencari google. Kita tinggal memasukkan kata kunci yang kita cari. Kita bisa mendapatkan banyak alamat website yang menampilkan informasi yagn dicari.

Lalu bagaimana web sekolah ?
Sekarang banyak sekolah mulai dari tingkatan prasekolah (PAUD/TK), Sekolah Dasar, Sekolah Menengah hingga perguruan tinggi sudah memiliki web sekolah. Biasanya sekolah menggunakan website untuk menyampaikan informasi berupa profil sekolah, berita, hingga digunakan untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB). Rasanya kurang mantaplah....kalau sekolah belum memiliki website.

Bagaimana membuat web sekolah ?
Untuk membuat web sekolah tidaklah terlalu sulit. Yang pertama adalah memilih nama domain yang akan digunakan, biasanya berakhiran .sch.id (contoh : www.namasekolah.sch.id). untuk mendapatkan domain ini diperlukan persayaratan antara lain :
Setelah domain didapatkan lalu selanjutnya adalah menyiapkan hosting. Hosting adalah tempat kita meletakkan semua file atau dokumen yang akan dimuat di dalam website. Harga hosting tergantung pada kapasitas yang ingin kita gunakan. Banyak penyedia hosting di Indonesia. Sebagai contoh saya biasa menggunakan hosting di indowebsite.net


 Setelah domain dan hosting diperoleh selanjutnya adalah mengerjakan pembuatan website sekolah. Untuk mengerjakan web ini, sekolah bisa mengerjakan sendiri atau dengan menggunakan jasa orang lain. Untuk waktu pengerjaan tergantung dengan tingkat kesulitan dan banyak atau tidaknya data yang ingin dimuat di website sekolah tersebut.

Ayo kita sebarkan informasi tentang sekolah kita masing-masing dengan menggunakan web sekolah. Yuk kunjungi web sekolah kami di www.smplematanglestari.sch.id

Silahkah rekan-rekan yang lain tuliskan alamat web sekolahnya di kolom komentar ya....atau kalau ada yang butuh bantuan untuk buat web sekolah silahkan kontak ya...

#literasi
#websekolah
#literasiguruonline
#literasigurumuaraenim

 


Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Pentingnya Website Sekolah"

  1. masih dalam percobaaan

    smpn1gelumbang.sch.id

    BalasHapus
  2. Siip.. pake cms balitbang kemdikbud..
    Disarankan user id dan password serta database diperkuat, banyak pengalaman yg kena hack.

    BalasHapus