Pembukaan Rapat Koordinasi Program Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2018





Bertempat Ruang Aston Grand Ballroom, Hotel Aston Palembang pada hari Rabu, 07 Maret 2018 dilakukan Pembukaan Rapat Rapar Koordinasi Program Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Tahun  2018. Kegiatan sendiri akan berlangsung dari tanggal 07 sampai tanggal 09 Maret 2018.
Peserta pada kegiatan ini sbanyak 170 orang, terdiri dari: Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Anggota Komisi X DPRD Sumsek, Dewan Pendidikan Sumsel, BAN Provinsi Sumsel,  Dekan FKIP dari 3 Universitas di Sumsel, dan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan, yang terdiri dari Kepala Dinas, Kepala Bidang, Pengawas, Perwakilan Sekolah Model dan Operator Dinas Pendidikan.
Dalam sambutannya Kepala LPMP Sumatera Selatan, Dr.H.Yaswardi, M.Si. mengatakan bahwa, sebagai LPMP Sumatera Selatan sebagai kepanjangan tangan dari Kementerian Pendidikan, harus tetap berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menangah Kemdikbud. Pada kegiatan Rakor ini, akan ditampilkan Raport Mutu Pendidikan di Sumatera Selatan pada tahun 2017, bagaimana Raport Mutu Satuan Pendidikan akan digunakan Sebagai Dasar RKAS di masing-masing Satuan Pendidikan. Selanjutnya beliau mengatakan, bahwa di Sumatera Selatan pada tahun 2017, telah dilaksanakan Kurikulum 2013 sebanyak 85%, dan beliau menargetkan ditahun 2018 sebanyak 100%. Langkah ini diawali dengan kegiatan Penyegaran Instruktur Kabupaten/Kota (IK), yang akan dilaksanakan pada tanggal 15-17 Maret 2018 untuk angakatan 1.
Acara ini sendiri, dibuka oleh Direktur Pembinaan SMA, Dr.Purwadi Sutanto, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyoroti makna lagu kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza. Lagu yang diciptakan oleh WR. Soepratman ini sangat agung dan penuh makna. Kalau lagu kebangsaan beberapa negara mengagungkan Pemimpinnya, tetapi lagu Kebangsaan Indonesia Raya, mengagungkan Rakyatnya. Beliau berharap pada upacara bendera di setiap Saruan Pendidikan memakai lagu Indonesia Raya 3 Stanza.
Selanjutnya beliau kembali mengingatkan Nawacita dalam bidang pendidikan, yang terdiri dari : (1) Revolusi Mental, (2) Pembangunan dari Pinggiran, (3) Penjaminan Pendidikan, dan (4) Ekonomi Kreatif. Untuk melaksanakan Revolusi mental tersebut, dapat dimulai dengan Pendidikan Penguatan Karakter, baik di sekolah, rumah dan masyarakat. Kemudian mengenai pelaksanaan Kurikulum 2013, beliau mengatakan apakah Soal test sumatif yang lakukan oleh Tenaga Pendidik sudah memuat unsur C1 sampai C6 ?  Jika saat ini Tenaga Pendidik banyak yang hanya pada C1 sampai C3, maka guru tersebut belum melaksanakan K13 secara utuh, itu berarti masih seperti kurikulum yang lama. Untuk itu Kepala Sekolah harus secara berkesinambungan melaksanakan Supervisi Kelas.


Diakhir acara Pembukaan, diberikan penghargaan dari Kepala LPMP Sumatera Selatan kepada Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan dan semua Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, yang telah memberikan Komitmen, Dukungan dan Partisifasi Aktif dalam kegiatan Pemetaaan Mutu Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.
Begitu juga Ketua Forum Sekolah Model Sumatera Selatan memberikan Cinderamata kepada Kepala LPMP Sumatera Selatan, sebagai ungkapan rasa terimakasih telah membina pelaksanaan Skeolah Model di Provinsi Sumatera Selatan.


By.Endang Marto Fanie
#banggamenjadiguru#


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pembukaan Rapat Koordinasi Program Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2018"

Posting Komentar